Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH) Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN SAIZU) baru saja menyelesaikan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr. Hartono, M.Si., selaku Dekan FUAH, pada tanggal 3 September 2024.
Audit Mutu Internal (AMI) merupakan salah satu aktivitas penting dalam penjaminan mutu akademik di perguruan tinggi. Tujuan utama dari AMI adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai kinerja di setiap fakultas/program studi dan unit non-akademik. Proses ini juga berfungsi sebagai bahan evaluasi dalam management review, membantu menentukan kebijakan serta sasaran mutu periode berikutnya, dan memperhatikan saran perbaikan atas kelemahan yang terjadi selama periode mutu sebelumnya.
Tim auditor yang terlibat dalam AMI di lingkungan FUAH UIN SAIZU tahun ini terdiri dari Prof. Dr. H. Syufa’at, M.Ag., Dr. Donny Khoirul Azis, dan Dr. Thoifur. Mereka melakukan penilaian menyeluruh terhadap berbagai aspek pelaksanaan program kerja di FUAH.
Adapun program studi yang menjadi fokus audit pada tahun ini adalah Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Sejarah Peradaban Islam (SPI), Studi Agama-Agama (SAA), serta Tasawuf Psikoterapi (TP). Proses audit ini mencakup evaluasi terhadap pelaksanaan program, pencapaian sasaran mutu, serta identifikasi area yang memerlukan perbaikan.
Ubaidillah, M.A. selaku koordinator Prodi SAA saat ditemui tim media FUAH mengungkapkan, “AMI di FUAH berjalan dengan lancar sesuai jadwal. Prosesnya ria jenaka dan mengesankan walaupun menghadapi gelondongan pertanyaan dari auditor dan monitoring dokumen tahun akademik 2023/2024. Kuncinya adalah menyiapkan dokumen dengan tepat waktu”.
Dengan dilaksanakannya AMI, diharapkan dapat diperoleh data yang akurat mengenai kinerja dan efektivitas program studi di FUAH, serta dihasilkan rekomendasi yang konstruktif untuk peningkatan mutu akademik di masa depan. Kegiatan ini adalah bagian dari komitmen UIN SAIZU dalam memastikan bahwa standar akademik dan administrasi tetap terjaga dengan baik, serta mendukung pencapaian visi dan misi perguruan tinggi.

Leave a Comment