Yogyakarta, 17 Oktober 2024 – Dalam rangka memperkuat soft skill dan koordinasi kurikulum Outcome-Based Education (OBE), Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora (FUAH) UIN Saizu melakukan kunjungan strategis ke Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUPI) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Kunjungan ini dihadiri oleh lima tokoh penting dari FUAH, yaitu :
1. Prof. Dr. Kholid Mawardi, S.Ag., M.Hum.,
2. Pak Fathurrazi, M.Hum.,
3. Pak M. Yusuf, S.Ag., M.Pd.,
4. Bu Waliko, M.A.,Β 
5. Pak Zein Muchamad Masykur, M.Ag.

Rombongan berangkat pada pagi hari, tepat pukul 05:30 WIB, dan tiba di UIN Sunan Kalijaga menjelang siang, disambut hangat oleh Kaprodi Ilmu Hadits (ILHA) serta Wakil Dekan 1 FUPI bersama beberapa tenaga pendidik dan kependidikan. Diskusi dimulai pada pukul 10:30 pagi, membahas beberapa poin penting terkait penguatan soft skill dalam lingkungan akademik, sekaligus mendalami strategi implementasi kurikulum berbasis hasil (OBE).

“UIN Sunan Kalijaga menjadi trendsetter dalam pengembangan keilmuan di PTKIN se-Indonesia, dan menjadi referensi utama bagi kami untuk memperkaya wawasan,” ujar Prof. Dr. Kholid Mawardi dalam salah satu sesi diskusi.

Hasil dari diskusi tersebut merumuskan beberapa langkah penting yang akan diimplementasikan FUAH untuk mencapai tujuan peningkatan kualitas akademik. Langkah pertama adalah memperkuat sistem informasi yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar secara efektif. Selain itu, FUAH juga berencana meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk tenaga kependidikan, dosen, dan mahasiswa, guna menciptakan lingkungan akademik yang lebih dinamis dan produktif.

Tidak hanya itu, penguatan relasi dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan internasional juga menjadi salah satu agenda penting FUAH, sejalan dengan visi mereka untuk terus mengembangkan mutu pendidikan. Kunjungan ini diharapkan menjadi titik awal bagi terjalinnya kerjasama strategis yang lebih luas, yang mendukung pengembangan soft skill mahasiswa serta peningkatan mutu kurikulum yang adaptif dan berorientasi pada kebutuhan industri global.

Kunjungan ini pun diakhiri dengan baik, dan rombongan kembali ke Purwokerto pada pukul 10:30 malam, dengan semangat baru untuk melanjutkan berbagai upaya peningkatan di FUAH UIN Saizu.

Leave a Comment