Berita

Workshop Kuantum Ikhlas: Integrasi Spiritual dan Psikoterapi di Prodi Tasawuf UIN SAIZU

Ditulis oleh: Mas Fuah

Dipublikasikan pada: 17 May 2024

Cover artikel Workshop Kuantum Ikhlas: Integrasi Spiritual dan Psikoterapi di Prodi Tasawuf UIN SAIZU

Purwokerto, 17 Mei 2024 – Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) sukses menyelenggarakan workshop bertajuk "Kuantum Ikhlas" yang diadakan pada tanggal 17 Mei 2024. Acara yang berlangsung di GSC UIN SAIZU ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta praktisi di bidang tasawuf dan psikoterapi.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman, Dr. Maria Ulfah, M.Si., seorang ahli dalam bidang tasawuf dan psikoterapi yang telah banyak mengisi seminar dan pelatihan di berbagai daerah. Dalam sesi workshop, Dr. Maria membahas konsep Kuantum Ikhlas yang menggabungkan prinsip spiritualitas dengan pendekatan ilmiah untuk mencapai keseimbangan hidup dan kesehatan mental yang optimal.

"Tujuan dari workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana konsep ikhlas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan terapi psikologis," ujar Dr. Maria dalam sambutannya. Ia juga menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai spiritual dalam praktik psikoterapi untuk membantu individu mencapai kedamaian batin dan kesehatan mental yang lebih baik.

Acara ini mendapatkan sambutan hangat dari para peserta. Salah satu mahasiswa, Izza Hudayana, menyatakan bahwa workshop ini memberikan wawasan baru yang sangat bermanfaat bagi pengembangan pribadi dan profesional. "Saya sangat terinspirasi oleh materi yang disampaikan dan berharap bisa mengaplikasikan konsep Kuantum Ikhlas dalam kehidupan saya serta karier saya nantinya," ujarnya.

Ketua Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Eka Widia Sari, S.Psi., M.Psi., Psikolog., mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran acara ini. "Workshop ini merupakan bagian dari upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa. Semoga ilmu yang diperoleh dari workshop ini dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Dengan terlaksananya workshop ini, diharapkan dapat semakin memperkuat pemahaman mahasiswa dan praktisi mengenai pentingnya integrasi nilai-nilai spiritual dalam praktik psikoterapi serta kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membawa manfaat positif bagi masyarakat luas.