Berita

Workshop Digitalisasi Dokumen oleh Sanggar INFINITY Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Sukses Diselenggarakan

Ditulis oleh: Mas Fuah

Dipublikasikan pada: 21 May 2024

Cover artikel Workshop Digitalisasi Dokumen oleh Sanggar INFINITY Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Sukses Diselenggarakan

Purwokerto, 21 Mei 2024 – Sanggar INFINITY Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi mengadakan kegiatan workshop yang bermanfaat bagi mahasiswa. Workshop Digitalisasi Dokumen ini menghadirkan Anindya Ryadinugroho sebagai narasumber. Anindya, yang dikenal sebagai Kreator Digital Museum Virtual Ahmad Tohari, berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang digitalisasi dokumen kepada para peserta workshop.

Workshop yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai proses dan pentingnya digitalisasi dokumen, serta mempersiapkan para mahasiswa dalam menghadapi tantangan di era digital.

Dalam paparannya, Anindya Ryadinugroho menjelaskan berbagai aspek terkait digitalisasi dokumen, mulai dari pengenalan Digitalisasi Dokumen, pentingnya Digitalisasi Dokumen, teknologi dan alat untuk Digitalisasi Dokumen, hingga proses Digitalisasi Dokumen. Beliau juga memaparkan contoh-contoh praktis dari proyek digitalisasi yang telah beliau kerjakan, termasuk Digital Museum Virtual Ahmad Tohari yang menjadi salah satu inovasi penting dalam bidang preservasi digital di Indonesia.

Mahasiswa yang hadir sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali lebih dalam mengenai teknik dan teknologi terbaru dalam digitalisasi dokumen. 

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Sanggar INFINITY, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang perpustakaan dan sains informasi melalui workshop yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.

Dengan suksesnya penyelenggaraan workshop ini, diharapkan mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi semakin siap untuk berkontribusi dalam upaya digitalisasi dan pengelolaan informasi di masa depan.