Berita

Lab FUAH sebagai Wadah Produksi Film Karya Mahasiswa

Ditulis oleh: Mas Fuah

Dipublikasikan pada: 12 June 2024

Cover artikel Lab FUAH sebagai Wadah Produksi Film Karya Mahasiswa

Laboratorium Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora telah menjadi wadah yang vital bagi mahasiswa dari berbagai Program Studi di Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui produksi film. Berbagai genre film, mulai dari dokumenter hingga drama, telah dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswa yang terlibat dalam lab FUAH ini.

Mahasiswa yang terlibat berasal dari beragam latar belakang akademik, diantaranya Prodi Ilmu al Qur'ann dan Tafsir (IAT), Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Prodi Studi Agama-Agama (SAA), dan Prodi Tasawuf Psikoterapi (TP). Keragaman ini memberikan dimensi yang kaya dalam produksi film-film yang dihasilkan.

Salah satu pencapaian signifikan dari Lab FUAH adalah produksi film dokumenter berjudul "Tradisi Pudhunan, Cilacap", yang menggambarkan kekayaan budaya lokal yang sering kali terlupakan. Film ini memberikan sorotan yang dalam terhadap tradisi yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat setempat. Tak hanya itu, film drama juga menjadi bagian tak terpisahkan dari karya-karya mahasiswa melalui Lab FUAH. Salah satu contohnya adalah film berjudul "Perubahan", yang mengangkat tema perubahan sosial ekonomi dan emosional dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya fokus pada produksi film tradisional, Lab FUAH juga menjadi tempat bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi media baru, seperti video blog (vlog). Melalui vlog, mahasiswa dapat menyampaikan pesan-pesan penting dengan cara yang lebih personal dan interaktif kepada khalayak.

Kepala Laboratorium saat ditemui tim media FUAH menyampaikan, Lab FUAH terus membuktikan dirinya sebagai sarana penting dalam pengembangan bakat dan kreativitas mahasiswa. Kami berharap keberadaan lab ini dapat terus memberikan inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa untuk terlibat dalam produksi film yang bermutu serta memberikan kontribusi positif bagi fakultas maupun universitas”.