Berita

Stadium General UIN Purwokerto: Integrasi al-Qur'an dan Brain, Kunci Kecerdasan dan Terapi Positif

Ditulis oleh: Mas Fuah

Dipublikasikan pada: 08 January 2024

Cover artikel Stadium General UIN Purwokerto: Integrasi al-Qur'an dan Brain, Kunci Kecerdasan dan Terapi Positif

Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto mengadakan Stadium General di Gedung Auditorium, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan yang bertajuk al-Qur’an dan Brain itu menghadirkan narasumber Dr.  Sophan yang merupakan Psikolog dari Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Dr. Hj. Naqiyah, M.Ag menyampaikan bahwa pentingnya mahasiswa memahami al-Qur’an yang dapat berguna langsung dalam kehidupan sehari-hari. “Penting bagi mahasiswa untuk memahami bahwa al-Qur’an itu memiliki pengaruh yang besar bagi otak manusia,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, integrasi antara al-Qur’an dengan sains saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat global. Ini penting karena pengetahuan agama Islam sangat diperlukan di era globalisasi.

Sementara itu, Dr. Sophan menyampaikan bahwa di beberapa negara sudah mengimplementasikan al-Qur’an sebagai terapi untuk kecerdasan otak. Ada penelitian yang valid untuk menguji orang yang belum terapi al-Qur’an dengan yang sudah pada bentuk otak.

Dia mengatakan, bahwa niat yang baik itu akan mengantarkan ke posisi yang lebih baik dan pantas berkarakter yang baik dan akhlak yang baik akan diterima didalam masyarakat.

Dia mengatakan, “ada trend yang positif pada orang-orang yang mau membaca al-Qur’an. Beberapa orang yang autis secara bertahap dapat sembuh dengan terapi al-Qur’an,” paparnya.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa cukup antusias untuk bergabung. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru dari al-Qur’an. “Ya. Saya ternyata baru tahu bahwa al-Qur’an bisa menjadi terapi kebodohan,” ucap Wahyu salah satu peserta stadium general.