Berita

Kolaborasi Prodi Ilmu Lingkungan Saizu Purwokerto dan UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Webinar Ecoliteracy Seri 1 “Peran Kampus dalam Pengelolaan Sampah Berkelanjutan"

Ditulis oleh: Mas Fuah

Dipublikasikan pada: 08 January 2024

Cover artikel Kolaborasi Prodi Ilmu Lingkungan Saizu Purwokerto dan UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Webinar Ecoliteracy Seri 1 “Peran Kampus dalam Pengelolaan Sampah Berkelanjutan"

Purwokerto – Program Studi Ilmu Lingkunga n UIN SAIZU Purwokerto berkolaborasi dengan Program Studi Ilmu Lingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta menggelar Webinar Ecoliteracy Seri 1 bertemakan Peran Kampus dalam Pengelolaan Sampah Berkelanjutan. Webinar ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube Environmental Saizu. (07/12/2023).

Kolaborasi webinar ini menghadirkan narasumber dari masing-masing kampus, yakni Siti Nurul Hijanah, S.T., M.T dari Ilmu Lingkungan UIN SAIZU Purwokerto dan Ika Feni Setiyaningrum, M.Sc. dari Ilmu Lingkungan UIN Raden Mas Said Surakarta. Bertindak sebagai moderator yakni Yulia Azizah Sulaeman, S.Si., M.T., dosen Ilmu Lingkungan UIN SAIZU Purwokerto.

Webinar ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus seperti UIN SAIZU, UIN Raden Mas Said, Univ. PGRI Palembang, Politeknik Negeri Cilacap, Poltekes Jakarta, UIN K.H. Abdurrahman Wahid, UIN Antasari, UIN Ar-Raniry, Universitas Baturaja dan beberapa perwkilan dari dinas lingkungan hidup beberapa daerah.

Acara dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora (FUAH) UIN SAIZU Purwokerto, Dr. Hartono, M.Si. Pada sambutannya, beliau menekankan peran dan tanggung jawab kita sebagai mahluk sekaligus khalifah di bumi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sesuai dengan apa yang sudah dituliskan dalam ayat suci Al-Quran. “Digelarnya webinar ini juga sekaligus menjadi bentuk ikhtiar kita dalam memberikan pengetahuan, wawasan dan literasi mengenai pengelolaan lingkungan yang arif, bijak dan berkelanjutan khususnya dalam pengelolaan sampah.”

Pada sesi paparan, Siti Nurul Hijanah menjelaskan pengelolaan sampah Zero Waste menuju Zero Landfill. “Problem persampahan di Indonesia (darurat sampah) seperti tumpukan sampah dimana-mana, landfill overload, kebakaran TPA, penyumbang sampah plastik di pantai dan lautan. Poin penting mencapai zero waste adalah meningkatkan daur ulang sampah dan memperkuat kegiatan mencegah dan mengurangi timbulan sampah”, ungkapnya. Beliau juga menekankan bahwa suksesnya pengelolaan sampah dari sumber yaitu dengan adanya edukasi, regulasi, membangun system dan sirkular ekonomi.

Paparan dilajutkan oleh Ika Feni Setyaningrum dengan mengangkat tema Bank Sampah sebagai Solusi Mengatasi Persoalan Sampah Berkelanjutan. Beliau mengungkapkan kampus sebagai role model pengelolaan sampah berkelanjutan karena terdiri dari beragam sivitas akademika, potensi sampah yang dihasilkan tinggi, dan melaksanakan peran Tridharma. “Adapun beberapa tips dalam mendirikan bank sampah adalah terdapat pengelola yang solid dan memiliki kesamaan visi, adanya  manajemen, support dari kampus, lahan untuk area operasi bank sampah, legalisasi dari pemerintah setempat serta memiliki link pengepul sampah.  Hal lainnya yang penting juga dalam pendirian bank sampah di kampus adalah komitmen dan konsistensi dari semua pihak,” tuturnya. (Gangsar E L)